Jumat, 27 Juli 2012

Nissan Rakit Rogue di Pabrik Samsung di Korea Selatan

Nissan Motor Company meminta bantuan kepada Samsung di Korea Selatan untuk memproduksi mobil. Pasalnya, kapasitas produksi pabrik Nissan di Amerika Utara sudah penuh, sementara permintaan melonjak.  
Dua pabrik Nissan di Tennessee dan Mississippi, AS yang memproduksi Altima, Sentra, Versa dan Rogue tidak bisa memenuhi permintaan pasar. Untuk itu, pekan lalu Nissan mengumumkan menambah investasi 160 juta dollar untuk pabrik Renault-Samsung di Busan, Korea Selatan.
Samsung diharapkan bisa memproduksi 80.000 Rogue  yang akan diekspor ke AS dan negara lain. Dengan demikian, akan ada tambahan produksi 100.000-120.000 unit Rogue yang ditargetkan mau diproduksi di Tennessee, AS, mulai tahun depan.
Dua tahun lalu, sejak Nissan mengalihkan produksi Rogue dari Jepang ke AS, total produksi masih di bawah 100.000 unit per tahun.  Sementara penjualannnya tahun lalu 124.543 unit. Tahun ini, Nissan berharap penjualan sbisa menembus 150.000 unit dan hal itu bisa dicapai karena penjualan sampai Juni (2012) sudah 71.838 unit.
Penambahan kapasitas produksi di pabrik AS semula untuk memenuhi pasar ekspor ke Kanada, Meksiko dan Brasil. Kenyataannya, justru kebutuhan untuk pasar AS masih kurang. Nissan pun mencari pabrik lain dan yang dipilih adalah Samsung Korea Selatan.

David Reuter, juru bicara Nissan Amerika mengatakan, dengan memproduksi Rogue di Korea Selatan, produksi SUV itu Jepang berakhir total.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar