Jumat, 27 Juli 2012

Ck-ck-ck, Lotus Cuma Ditawar Rp 14.690!

Pekan lalu, Volkswagen AG (VW) dikabarkan berniat mengakuisisi Proton-Malaysia untuk memperkuat pasar di kawasan Asia Tenggara. Kali ini, kejutan datang dari Lotus. Produsen mobil Inggris yang dimiliki oleh Proton itu ditawar oleh produsen otomotif lain hanya dengan harga 1 poundsterling atau Rp 14.690.
Informasi ini disampaikan oleh DRB-Hicom sebagai pemilik penuh Proton saat ini, dilansir Autoblog, (25/7/2012). Penawaran yang sangat rendah itu muncul karena pembelinya harus melunasi utang  Lotus 200 juta poundsterling (Rp 2,9 triliun). Keruan saja, tawaran itu langsung ditolak.
"Mungkin cara yang mudah adalah dengan menerima tawaran itu. Namun, sebagai seorang businessman, (yang perlu adalah) apa yang bisa saya lakukan untuk mengurangi kerugian perusahaan, dan membuatnya terus berjalan," ungkap Mohd Khamil, Direksi Proton, dilansir The Star. Ia percaya, ada rencana dan strategi bisnis yang tepat untuk Lotus. "Jika saya jual tanpa berusaha, di penghujung hari, saya akan menyesal dan mengecewakan pemegang saham," lanjutnya.
Sayang DRB-Hicom tidak mau menyebutkan siapa nama perusahaan yang berniat membeli Lotus itu. Sejumlah spekulasi mengatakan bahwa mereka adalah VW. Namun sepertinya merek Jerman itu hanya tertarik mengakuisisi Proton, dan Lotus menjadi bonus yang diterimanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar